TUGAS UAS FASHION WRITING II



 PERKEMBANGAN TREND FASHION DI BANDUNG

Aspek fashion semakin menyentuh kehidupan sehari-hari setiap orang. Fashion selalu mempengaruhi apa yang kita kenakan, kita makan, bagaimana kita hidup, dan bagaiman kita memandang diri sendiri. Fashion juga mempengaruhi semua tipe fenomena budaya seperti musik, kesenian, dan arsitektur. Fashion tidak akan pernah ada habisnya. Berganti waktu berganti pula trend yang ada, berganti trend berganti pula pakaian setiap orang. Fashion kini telah menjadi bagian kebutuhan sekunder yang didasari oleh berbagai latar belakang. Seiring perkembangannya, dunia fashion menjadi hal yang penting diberbagai kalangan muda maupun tua. Banyak orang yang ingin tampil menarik dan berbeda dari orang lain, apalagi dalam pergaulan, penampilan sangat penting untuk diperhatikan. Bahkan cara berpakaian kita pun bisa menunjukan jati diri seseorang secara tidak langsung.
Perkembangan suatu trend fashion di Bandung tentu berkaitan erat dengan gaya hidup. Fashion memberikan keuntungan yang sangat baik terhadap pola perdagangan produk fashion bagi masyarakat luas, sekaligus memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk bereksplorasi, dalam bidang ini sebagai lahan usahanya.
Fashion di Indonesia telah berkembang dengan baik dalam sejarah. Sejak munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie , pada tahun 1960, dunia mode Indonesia telah menunjukkan potensi dan bakat yang luar biasa. Dalam perkembangan awalnya Fashion Indonesia cenderung meniru gaya barat baik dalam bahan yang digunakan maupun desain. Tahun 1970 merupakan awal kemunculan dari Iwan Tirta, Harry Dharsono, Prajudi, Poppy Dharsono dan Ramli yang telah memberikan signal dalam Dunia Fashion Indonesia kepada dunia internasional melalui penciptaan mereka dan parade fashion di dalam maupun di luar negeri. Dalam dekade tersebut, dunia fashion Indonesia mencatat kemajuan yang cukup besar.
Fashion merupakan gaya atau kebiasaan dalam berpakaian yang terbaru. Style adalah bentuk yang konsisten atas gaya berbusana tertentu. Way adalah bagaimana kita berpakaian. Manner merupakan cara bertindak atau berperilaku dalam berpakaian. Forge merupakan komponen komponen dalam fashion. Sedangkan mode adalah bentuk yang terbaru  dalam pakaian (tren terbaru), misalnya potongan rambut, aksesoris, tas, maupun baju.
Tren fashion yang berkembang sejak dahulu hingga kini akan mengalami pengulangan. Anak muda di Bandung  yang mengikuti tren akan berusaha untuk tampil sesuai dengan apa yang sedang trend saat ini. Seperti tahun ini trend yang sedang berkembang ialah ruffle, sleeve, stripes atau motif garis-garis.

Ruffle

Sleeve

Stripes

 Dari sinilah mereka yang selalu ingin mengikuti perkembangan dunia fashion. Sehingga, tidak mengherankan apabila sebuah majalah yang menampilkan tren fashion terbaru dan mereka mengikutnya. Disini saya mengambil salah satu contoh style feminin sporty yang membawa pengaruh positif bagi kalangan anak muda di Bandung.  Hal ini dibuktikan banyak yang mengikuti style tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, style feminin sporty anak muda di Bandung biasanya menggunakan skinny jeans, blouse, sweater, varsity jacket, dan sneaker. 




Dapat dikatakan pula bahwa fashion sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda yang kemudian berkembang dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaya atau style setiap orang. Biasanya trend fashion tercipta karena adanya pengaruh dari tokoh yang di idolakan, iklan, tayangan televisi, dan film dengan fashion artistik yang menarik, internet dan majalah. Kebanyakan dari mereka akan cenderung mengikuti trend.



 





Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer